Menghitung Kebutuhan Karbohidrat

Berapa sih karbohidrat yang kita butuhkan...?

The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan bahwa kebutuhan karbohidrat mencapai 45 sampai 65 persen dari kebutuhan kalori total harian Jadi, jika kita butuh  2.000 kilo kalori per hari, 900 -1.300 kilo kalori tersebut harus berasal dari karbohidrat. Jumlah tersebut setara dengan 225 – 325 gram karbohidrat per hari..

Apakah Karbohidrat membuat gemuk?

Makan terlalu banyak akan menyebabkan kenaikan berat badan, terlepas dari jenis makanan yang kita konsumsi sebagai sumber kalori. Walaupun diet rendah karbohidrat sedang banyak mendapat perhatian hitungan per gram dari karbohidrat mengandung kalori lebih sedikit dibandingkan lemak, protein, dan alkohol.

Berikut perinciannya:

  • 1gr karbohidrat mengandung 3,75 kalori.
  • 1gr protein mengandung 4 kalori.
  • 1gr lemak mengandung 9 kalori.
  • 1gr alkohol mengandung 7 kalori.


Pilih Karbohidrat Dengan Bijak

Karbohidrat merupakan bagian penting dari diet yang sehat, karbohidrat juga menyediakan banyak nutrisi penting bagi tubuh. Namun, tidak semua karbohidrat sama. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih karbohidrat yang sehat untuk diet yang seimbang:

  • Makanlah karbohidrat yang bagus untuk tubuh: Golongan karbohidrat tepung (starchy) dan karbohidrat berserat yang tidak mengalami pengolahan.
  • Pilih buah-buahan dan sayuran yang kaya serat. Utamakan buah atau sayuran segar, boleh yang kalengan atau beku tanpa gula tambahan. Buah-buahan utuh dan sayuran mengandung banyak serat dan air  sehingga membantu merasa lebih kenyang dengan kalori lebih sedikit.
  • Pilihlah padi-padian. Padi-padian adalah pilihan baik untuk sumber serat  dan nutrisi penting lainnya, seperti selenium, kalium dan magnesium, daripada padi-padian olahan. Padi-padian olahan mengalami proses pengelupasan untuk membuang kulit padi – yang pada prosesnya ikut membuang sebagian nutrisi dan serat.
  • Pilih produk susu rendah lemak. Susu, keju, yogurt dan produk susu lainnya merupakan sumber kalsium dan protein yang baik, ditambah banyak vitamin dan mineral lainnya. Pilihlah susu jenis rendah lemak, untuk membantu membatasi kalori dan lemak jenuh. Berhati-hatilah terhadap produk susu dengan gula tambahan.
  • Makanlah lebih banyak kacang-kacangan dan polong-polongan. Polong-polongan biasanya rendah lemak, tidak mengandung kolesterol, dan tinggi folat, potasium, besi dan magnesium. Polong-polongan juga mengandung lemak esensial serta serat larut dan tidak larut. Karena merupakan sumber yang baik untuk protein, polong-polongan juga bisa menjadi pengganti yang sehat untuk daging, yang mengandung lebih banyak lemak januh dan kolesterol.
  • Batasi pemakaian gula tambahan. Gula tambahan mungkin tidak berbahaya dalam jumlah kecil. Tapi tidak ada manfaat kesehatan untuk mengkonsumsi setiap jumlah tambahan gula. Bahkan, terlalu banyak menambahkan gula, dan dalam beberapa kasus bahkan gula alami, dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kerusakan gigi, gizi buruk dan penambahan berat badan.
  • Ingat: Bila tujuan anda adalah penurunan lemak, gula adalah musuh terburuk Anda!


Jadi pilihlah karbohidrat dengan bijaksana. Batasi makanan dengan tambahan gula dan biji-bijian olahan, seperti minuman manis, makanan penutup dan permen, yang dikemas dengan kalori tinggi tapi rendah nutrisi. Sebaliknya, pilihlah buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar