Diabetes Dan Terapi Gizi

Diabetes atau masyarakat lebih mengenal dengan nama kencing manis adalah suatu penyakit kronik yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah.

Normal kadar gula darah adalah 70 - 110 mg/dl setelah berpuasa 8 jam (Gula Darah Puasa / GDP) serta < 200 mg/dl jika diukur 2 jam setelah makan (Gula Darah 2 jam Post Prandial / GDPP).

Penyebab gula darah menjadi tinggi adalah karena tidak cukupnya produksi insulin untuk metabolisme karbohidrat, atau insulin yang dihasilkan tubuh tidak dapat memetabolisme karbohidrat.

Diabetes melitus yang tidak ditangani atau dikendalikan denan benar dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti gagal ginjal (diabetic nephropathy), penyakit jantung, hipertensi, bahkan bisa mengakibatkan kaburnya penglihatan yang lebih jauh menyebabkan kebutaan (Diabetic retinopathy). 

Diabetes dapat dikendalikan dengan cara melakukan diet yang tepat, olahraga teratur serta terapi obat sesuai dengan petunjuk dokter.

Bagaimana Mengatur Diet Untuk Penderita Diabetes?

Prinsip diet diabetes adalah diet yang seimbang. Artinya asupan zat gizi yang berasal dari makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. maka dari itu penderita diabetes harus memperhatikan tiga hal berikut ini:

1. Jadwal
Maksudnya adalah penderita diabetes harus disiplin dalam mengatur waktu makannya yaitu tiap 3 - 4 jam sehari. Misalnya pukul 06:00, 12:00, 18:00 untuk makan besar dan pukul 09:00 dan 15:00 untuk makan ringan.

2. Jenis.
Maksudnya adalah bahwa penderita diabetes harus memperhatikan jenis kandungan gizi yang ada dalam makanan yang dikonsumsinya. Misalnya nasi dan roti golongan karbohidrat, daging dan ayam golongan protein, minyak golongan lemak, dan sebegainya. Penderita diabetes harus membatasi asupan karbohidrat dan lemak, teruama golongan karbohidrat sederhana seperti gula, nasi putih, permen, roti manis, dan lainnya.

3. Jumlah
Maksdunya adalah bahwa penderita diabetes harus meperhatikan berapa berat makanan yang dikonsumsinya agar jumlah zat gizi yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhannya.

Keberhasilan dalam pengendalian terapi gizi untuk penderita diabetes ini sangat tergantung kepada pola diet yang tepat serta kedisiplinan pasien dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar