Info Singkat MERS-CoV

Sejak 20 Mei 2015 hingga 8 Juni 2015 WHO dan otoritas kesehatan negara yang terkena dampak MERS-CoV telah mencatat setidaknya ada 87 kasus MERS-CoV telah positif terjadi di Seoul, Korea Selatan dengan 6 angka kematian. Penularan penyakit ini sebagian besar terjadi selama proses perawatan di rumah sakit atau dengan kontak langsung dengan penyedia jasa kesehatan dan anggota keluarga atau dengan seseorang yang terpapar MERS-CoV di Rumah Sakit. Disamping itu terdapat setidaknya 2000 orang yang berada dalam karantina.

Belum ada pembatasan perjalanan yang significant ke atau dari Korea Selatan. Skrining suhu saat ini umumnya dilakukan di bandara internasional dan pelabuhan internasional berbagai Negara.

Sambil tetap menunggu update terbaru dari kondisi penyebaran MERS-CoV ini, untuk pencegahan maka sebaiknya melakukan hal-hal penting sederhana sebagai berikut ini:

  1. Para wisatawan disarankan untuk melakukan personal hygiene dengan baik, seperti mencuci tangan, terutama sebelum makan atau minum.
  2. Hindari menyentuh area wajah dengan tangan Anda saat bepergian.
  3. Jangan bepergian apabila Anda merasa tidak sehat
  4. Berhati-hatilah apabila Anda duduk dekat orang yang batuk secara terus-menerus. 
  5. Periksakan diri ke dokter apabila mengalami demam atau gejala penyakit pernapasan seperti batuk atau sesak napas selama jangka waktu 14 hari setelah bepergian ke area yang beresiko MERS-CoV atau apabila Anda melakukan kontak langsung dengan penderita MERS-CoV.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar