Menghilangkan / Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi atau disebut juga calculus / kalkulus adalah kotoran dalam mulut yang menempel di gigi dalam jangka waktu lama sehingga lama kelamaan mengeras dan membantu. Bila sudah mengeras/membantu karang gigi ini susah dibersihkan dengan menggosok gigi, perlu tindakan khusus. Adanya karang gigi bisa membuat kesan tidak bersih dan tidak percaya diri dalam bergaul. Oleh karena itu pemeliharaan gigi sangat diperlukan.

Karang gigi untuk setiap orang akan berbeda-beda proses nya. Hal ini tergantung kepada lingkungan mulut, kandungan dalam air liur, makanan yang dimakan, kondisi gigi geligi, jenis kuman yang ada dan factor lainnya. Ada yang mudah terbentuk dan ada pula yang lama terbentuknya.

Apabila sudah timbul karang gigi maka perlu perawatan atau cara pembersihan yang baik menurut kesehatan. Untuk perawatan atau menghilangkan karang gigi ini sebaiknya tidak dilakukan sendiri atau menggunakan suatu benda atau zat kimia tertentu yang belum jelas, apalagi menggunakan benda-benda tajam seperti jarum, tusuk gigi, atau benda lainnya. Maka sebaiknya dianjurkan untuk datang ke dokter gigi baik yang praktek di rumah, rumah sakit, klinik, puskesmas, atau tempat lainnya. Mintalah dokter gigi untukmembersihkan karang gigi / calculus dengan teknik secaling ataupun teknik lainnya bila ada. Ini akan menjamin kebersihan dan kesehatan dari pada harus membersihan sendiri yang bisa menimbukan efek samping yang tidak diinginkan.

Membersihan / menghilangkan karang gigi dengan cara sendiri yang sarah justeru akan memperparah keadaan semakin memburuk. Membersihkan dengan batu, logam, benda tajam, tusuk gigi, atau benda lainnya yang tidak sesuai bukan lah tindakan yang bijaksana. Dengan benda-benda tersebut bisa jadi yang dikikis justeru lapisan email gigi yang sangat penting atau jangka panjangnya yang dapat menimbulkan infeksi lebih jauh.


Datanglah ke dokter gigi untuk membersihkan / menghilangkan karang gigi. Bukan ke ahli gigi, karena yang disebut ahli gigi di masyarakat adalah bukanlah seorang dokter professional di bidangnya. Hal ini untuk menghindari efek kesehatan yang tidak diinginkan sehubungan dengan masalah gigi.

Saat calculus / karang gigi tersebut sudah dibersihkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari karang gigi tersebut muncul kembali. Berikut ini tip dan trik agar karang gigi tidak muncul:
  • Rajin gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur dengan pasta gigi yang mencegah plaque.
  • Rajin minum air putih yang bersih untuk kumur-kumur.
  • Rajin kumur-kumur dengan cairan pembersih mulut / dental floss yang bisa mencegah karang gigi.
  • Rajin membersihkan sisia makanan yang di pojok dan sela-sela gigi dengan benang gigi.
  • Rajin mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran karena seratnya dapat membantu menghilangkan sisa makanan di gigi dan gusi kita.
Semoga informasi, tip dan trik ini sangat bermanfaat untuk pemeliharaan kesehatan gigi.

2 komentar:

  1. saya suka blok anda tentang cara menghilangkan membersihkan karang gigi, saya berharap untuk melihat lebih banyak dari anda. apakah anda menjalankan situs lain????

    BalasHapus