Mengenal Kanker

Penyakit kanker merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia dengan angka kematian mencapai 8.2 juta orang di tahun 2012. Kasus kanker diperkirakan akan meningkat dari 14 juta per tahun menjadi 22 juta kasus per tahun dalam kurun waktu 20 tahun mendatang.

Fakta kanker

  • 5 tipe kanker yang umumnya menyerang kaum pria di tahun 2012 adalah kanker paru, prostat, colorectum, saluran pencernaan, dan kanker hati.
  • 5 tipe kanker yang umumnya menyerang kaum wanita adalah kanker payudara, colorectum, paru, mulut rahim, dan kanker saluran pencernaan. 
  • Sebanyak 30% dari kematian akibat kanker disebabkan oleh 5 perilaku dan pola makan yang tidak sehat: indeks massa tubuh berlebih, minimnya konsumsi buah dan sayur, kurangnya aktivitas fisik, konsumsi tembakau, konsumsi alkohol.
  • Rokok adalah faktor resiko kanker paling tinggi yang menyebabkan lebih dari 20% kematian akibat kanker dan sekitar 70% kematian akibat kanker paru di dunia.

Kanker adalah sebuat istilah umum untuk sekelompok besar penyakit yang menyerang berbagai anggota tubuh. Istilah lain yang umum digunakan adalah tumor ganas dan neoplasma. Salah satu karakteristik kanker adalah pembentukan sel abnormal secara cepat yang tumbuh melebihi batas normal, sehingga dapat menyerang bagian tubuh lainnya dan menyebar ke organ lainnya. Proses penyebaran sel tersebut juga dikenal sebagai metastasis. Metastasis merupakan penyebab utama kematian dari penyakit kanker.

Apa penyebab kanker?
Kanker bermula dari satu sel normal. Proses perubahan dari sel normal menjadi sel tumor terjadi dalam beberapa tingkat, umumnya perubahan bermula dari luka pra-kanker menjadi tumor ganas. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh faktor genetik dan tiga kategori faktor resiko selain genetik, yaitu:

  • Karsinogen fisik, seperti paparan sinar ultraviolet dan radiasi  ion 
  • Karsinogen kimiawi, seperti asbestos, komposisi dalam asap rokok, aflatoxin (racun jamur kontaminan makanan) dan arsenik (kontaminan pada air minum); dan 
  • Karsinogen biologis, seperti infeksi akibat virus, bakteri atau parasit tertentu

Bagaimana cara kita mengurangi resiko kanker?

  • Mencari tahu lebih banyak mengenai penyebab kanker serta cara-cara untuk mencegah dan merawat penyakit kanker.
  • Deteksi dini melalui diagnosa dokter atau pemeriksaan. Banyak kasus kanker yang memiliki kesempatan sembuh tinggi apabila dideteksi lebih dini dan mendapatkan perawatan yang baik. Pemeriksaan seperti mammogram untuk kanker payudara, colonoscopy untuk kanker kolorektal dan sitologi ( "pap smear") untuk membantu mengidentifikasi kanker mulut rahim sebelum tanda-tanda dikenali. Jika terdeteksi dini, secara signifikan kanker dapat disembuhkan dengan operasi, radioterapi atau kemoterapi.
  • Mengendalikan dan mencegah faktor resiko, seperti merokok, kelebihan berat badan atau obesitas, pola makan yang tidak sehat yang minim konsumsi buah dan sayur, kurangnya aktivitas fisik, konsumsi alkohol, penularan infeksi HPV melalui hubungan seksual, infeksi virus Hepatitis B, radiasi ionisasi dan non-ionisasi, polusi udara, dan asap pembakaran rumah tangga dari bahan bakar padat. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar