Berolahraga Yang Baik

Olahraga merupakan suatu bentuk kegiatan fisik yang sudah direncanakan yang melibatkan gerakan tubuh secara berulang dan ditujukan untuk kebugaran. Banyak sekali manfaat yang diperoleh melalui olahraga terutama untuk kesehatan fisik (meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga berat badan ideal, meningkatkan kelenturan dan menguatkan tulang/otot) dan kesehatan mental (mengurangi stress, meningkatkan rasa percaya diri, membangun sportifitas dan kesetiakawanan sosial).

Jenis-jenis latihan fisik digolongkan ke dalam 3 kategori:

1. Aerobik
Latihan aerobik merupakan latihan fisik dengan intensitas sedang dan waktu yang lama. Latihan ini berhubungan dengan penggunaan oksigen dalam tubuh. Ada beberapa indikasi yang bisa dilihat dalam latihan aerobik ini yaitu: nadi (harus mencapai 60-85% dari maksimum denyut jantung), berbicara (masih mampu melakukan percakapan pendek sambil latihan)

2. Kelenturan/peregangan (Stretching)
Latihan peregangan ini merupakan bagian penting dalam berolahraga untuk menghindari terjadinya cidera dan nyeri otot. Biasanya ini dilakukan untuk latihan pemanasan dan pendinginan. Otot-otot yang dilatih meliputi kelompok otot yang besar.

3. Kekuatan (strength)
Latihan kekuatan penting untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot dimana otot yang terlibat adalah kelompok otot-otot yang besar. Masa otot dalam tubuh kita akan semakin berkurang sesuai dengan pertambahan usia. Berkurangnya masa otot ini akan menyebabkan penumpukan masa lemak dalam tubuh (yang menimbulkan kegemukan). Efek dari latihan kekuatan ini adalah untuk mencegah terjadinya 0steoporosis (pengeroposan tulang). Latihan kekuatan ini harus dilakukan paling tidak seminggu dua kali, setiap 1 set latihan harus terdiri dari 8-10 kali pengulangan

Bagaimana Melakukan Olahraga Yang Baik
  • Olahraga yang baik harus mengkombinasikan ketiga jenis latihan tersebut di atas, baik aerobik, peregangan maupun kekuatan.
  • Olahraga bisa dilakukan dimana saja, baik diluar atau di dalam ruangan.
  • Olahraga juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau tanpa alat, yang terpenting adalah kita tetap menjaga fisik kita tetap bergerak. 


Rekomendasi dari WHO:
  • Olahraga untuk kesehatan harus dilakukan selama minimal 30 menit, setiap hari dengan intensitas yang sedang.
  • Olahraga untuk kebugaran harus dilakukan minimal 20 menit, seminggu 3 kali dengan intensitas yang sedang atau lebih berat.

Sebelum berolahraga penting bagi kita untuk meluangkan waktu melakukan pemanasan dan setelah berolahraga melakukan pendinginan. Mulailah olahraga dengan pemanasan sekitar 5-10 menit, lanjutkan dengan latihan inti minimal 20 menit dan akhiri dengan melakukan pendinginan sekitar 5-10 menit.

Kiat-Kiat Berolahraga
Berikut beberapa kiat yang perlu diperhatikan supaya bisa melakukan olahraga dengan aman, nyaman dan menarik:
  • Pilih olahraga yang disukai, mudah dan aman
  • Gunakan pakaian dan sepatu olahraga yang sesuai dan nyaman
  • Lakukan olahraga secara bervariasi supaya tidak monoton
  • Tingkatkan kemampuan olahraga secara bertahap
  • Pilih peralatan olahraga yang sesuai peruntukannya
  • Carilah teman berolahraga supaya tetap termotivasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar