Oatmel

Belakangan ini oatmeal menjadi salah satu pangan yang sering disarankan oleh praktisi medis dan ahli gizi karena khasiatnya dalam membantu menjaga kolesterol dan gula darah.

Berikut fakta-fakta tentang Oatmeal:

Nilai indeks glikemik pada oat yang rendah mampu membantu mengendalikan glukosa darah. 
Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang terkandung dalam suatu bahan makanan.

Oat mengandung antioksidan avenanthramide. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menyerang HDL. Senyawa ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan mencegah pengerasan arteri dengan cara menekan produksi molekul yang memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri.

Vitamin B kompleks yang terdapat pada oat seperti B1, B2, B3, B6 serta asam folat berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan menjadi energi, perkembangan otak, kesehatan jantung dan hati.
Oat sebagai sumber karbohidrat yang kaya akan serat (10,6 gr / 100 gr oat) dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengendalikan berat badan.

Kandungan serat larut pada oat, bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna, sehingga konsumsi serat yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit kanker kolon.

Kandungan Beta Glucan dalam Oat mampu membantu menurunkan kadar kolesterol LDL jika dikonsumsi secara rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar